AMAZING SPEECH TEKS OF RIFQI

Melati kuntum tumbuh melata
Sayang merbah di pohon cemara
Assalammualaikum mulanya kata,
Saya sembah pembuka bicara,
.

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد الله الرب العالمين وبه نستعين وعلى عمورالدنيا والدين  والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله واصحابه اجمعين اما بعد........                                            قال الله تعالى فى كتابه الكريم :ولاتصعر خدك للناس ولاتمشى فى الارض مرحا ان الله لايحب كل مختال  فخور
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kepada Allah s.w.t. yang telah memberikan nikamat serta karunianya sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang mulia ini

Kedua kalinya marilah kita junjung agungkan nabi besar kita nabi Muhammad s.a.w. yang telah membawa islam dari zaman jahiliyyah menuju zaman islamiyyah.
Berdirinya saya disini untuk menyampaikan tausiyah singkat yang akan saya berijudul “Hindari sifat sombong”
Dewan hakim yang  Arif nan Bijaksana                                                                                                                                          Kerabat dai yang dimuliakan Allah
Allah berfirman dalam surat Luqman ayat 18 :
ولاتصعر خدك للناس ولاتمشى فى الارض مرحا ان الله لايحب كل مختال  فخور (18)
Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri (Q.S. Lukmqman:18)
Ayat yang saya tadi saya baca untuk membuka tausyiah kali ini, adalah berbicara bahwa Allah swt tidak suka orang-orang sombong. Ibnu Khaldun dan Aristoteles dua pakar sosialog sepanjang masa, telah sepakat dalam teori bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tak dapat hidup tanpa bantuan-bantuan makhluk lain disekitarnya.Artinya apa kerabat dai, kita  sebagai manusia tak layak untuk berlaku sombong.

Kerabat dai yang dimuliakan Allah
Tapi fenomena yang terjadi pada saat ini, mau tidak mau, suka ataupun tidak suka. Masyarakat Indonesia yang dulunya dikenal dengan masyarakat ketimur-timurannya yang suka menolong, rajin membantu dan bergontong royong. Namun ada satu sifat di masyarakat kita ini, yang harus dihapuskan, sifat apakah itu? Yaitu sifat individualistiik. Kerabat dai tau yang dimaksud individualistik? Tau? Kalau bahasa kampung saya bilang, “you your brother, me my brother!” koe ya koe gue ya gue, emang gue pikirin.Dan sifat individualisme inilah salah satu sifat sombong, kerabat dai kalau makhluk pertama yang diciptakan untuk berbuat sombong adalah Iblis. Ketika Iblis disuruh bersujud kepada nabi Adam ‘alaisalam, apa kata iblis? “Adam, gue diciptakan dari api Dam, sedangkan loe diciptakan dari tanah. Lah sekarang gua disuruh sujud sama loe? Please deh dam! Apa kata dunia?”
Kerabat dai yang dimuliakan Allah
Maka sama dengan sekarang, mentang-mentang keturunan tajir,kaya enggak mau bergaul dengan orang miskin. Sekali bergaul dengan orang miskin apa yang dia bilang, “eh gua gak pantas gaul sama loe! Gua keturunan tajir berdarah biru!” padahal kalau dites darahnya juga sama merah juga.Padahal betapa banyak kaum yang dibinasakan Allah karena bersifat sombong, Qorun sombong Allah binasakan, Firaun sombong Allah binasakan. Kita sombong cepat-cepat bertaubat sebelum Allah membinasakan kita. Betul?

Tau tentang titanic? Titanic itu kapal besar, hebat nan gagah. Bahkan sampai seorang kaptennya yang sombong Edward Richard Smith pun mengatakan, Yang Maha Kuasa pun tak mampu  menggelamkan kapal ini,namunapa yang terjadi? 1517 penumpang dan awak kapalnya tenggelam binasa sedemikian rupa, karena kesombongan seorang kapten.
Oleh kerana itu kerabat dai, hari ini kita saya akan memberikan tips agar semua kita tidak tergolong orang sombong dan kita tetap istiqomah menjadi orang yang selalu alay dalam kehidupan. Apa itu alay? Alay disini bukanlah aa’ jarang dibelai, anak layangan. Tapi alay disni adalah:A apapun yang kita miliki saat ini adalah titipin Allah. Lay layangkan rasa syukur atas Allah swt.
Bagaimana memotong buah                                                                                                jika tidak ada belati                                                                                                              bagaimana kita saling beramah-tamah                                                                               jika masih ada salah dihati
Oleh karena itu apabila ada salah dari tutur kata saya ataupun gerak-gerik saya,saya mohon maaf kepada Allah saya mohon ampun.
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته


0 comments:

Post a Comment